Pemimpin Cerminan Rakyat


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Seorang pemimpin terlahir dari sebuah komunitas manusia (rakyat), dia terpilih menjadi pemimpin atas masyarakat yang telah memilihnya, sehingga apabila sebuah kaum dipimpin oleh pemimpin yang buruk maka perhatikanlah firman Allah ta’ala berikut ini:

Allah berfirman:

ﻭَﻛَﺬَﻟِﻚَ ﻧُﻮَﻟِّﻲ ﺑَﻌْﺾَ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺑَﻌْﻀﺎً ﺑِﻤَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻜْﺴِﺒُﻮﻥَ

“Demikianlah Kami kuasakan orang-orang yang zhalim itu satu sama lain, sebagai akibat dari perbuatan mereka”(QS. Al-An’am: 129).

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata:

ﻭﺗﺄﻣﻞ ﺣﻜﻤﺘﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺍﻥ ﺟﻌﻞ ﻣﻠﻮﻙ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ ﻭﺃﻣﺮﺍﺀﻫﻢ ﻭﻭﻻﺗﻬﻢ ﻣﻦ ﺟﻨﺲ ﺍﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﺑﻞ ﻛﺄﻥ ﺃﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﻇﻬﺮﺕ ﻓﻲ ﺻﻮﺭ ﻭﻻﺗﻬﻢ ﻭﻣﻠﻮﻛﻬﻢ ﻓﺈﻥ ﺳﺎﺗﻘﺎﻣﻮﺍ ﺍﺳﺘﻘﺎﻣﺖ ﻣﻠﻮﻛﻬﻢ ﻭﺇﻥ ﻋﺪﻟﻮﺍ ﻋﺪﻟﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﺇﻥ ﺟﺎﺭﻭﺍ ﺟﺎﺭﺕ ﻣﻠﻮﻛﻬﻢ ﻭﻭﻻﺗﻬﻢ ﻭﺇﻥ ﻇﻬﺮ ﻓﻴﻬﻢ ﺍﻟﻤﻜﺮ ﻭﺍﻟﺨﺪﻳﻌﺔ ﻓﻮﻻﺗﻬﻢ ﻛﺬﻟﻚ ﻭﺇﻥ ﻣﻨﻌﻮﺍ ﺣﻘﻮﻕ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﺪﻳﻬﻢ ﻭﺑﺨﻠﻮﺍ ﺑﻬﺎ ﻣﻨﻌﺖ ﻣﻠﻮﻛﻬﻢ ﻭﻭﻻﺗﻬﻢ ﻣﺎ ﻟﻬﻢ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﻧﺤﻠﻮﺍ ﺑﻬﺎ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﺇﻥ ﺍﺧﺬﻭﺍ ﻣﻤﻦ ﻳﺴﺘﻀﻌﻔﻮﻧﻪ ﻣﺎﻻ ﻳﺴﺘﺤﻘﻮﻧﻪ ﻓﻲ ﻣﻌﺎﻣﻠﺘﻬﻢ ﺍﺧﺬﺕ ﻣﻨﻬﻢ ﺍﻟﻤﻠﻮﻙ ﻣﺎﻻ ﻳﺴﺘﺤﻘﻮﻧﻪ ﻭﺿﺮﺑﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﻤﻜﻮﺱ ﻭﺍﻟﻮﻇﺎﺋﻒ ﻭﻛﻠﻤﺎ ﻳﺴﺘﺨﺮﺟﻮﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﻌﻴﻒ ﻳﺴﺘﺨﺮﺟﻪ ﺍﻟﻤﻠﻮﻙ ﻣﻨﻬﻢ ﺑﺎﻟﻘﻮﺓ ﻓﻌﻤﺎﻟﻬﻢ ﻇﻬﺮﺕ ﻓﻲ ﺻﻮﺭ ﺍﻋﻤﺎﻟﻬﻢ ﻭﻟﻴﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻜﻤﺔ ﺍﻻﻟﻬﻴﺔ ﺍﻥ ﻳﻮﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺷﺮﺍﺭ ﺍﻟﻔﺠﺎﺭ ﺍﻻ ﻣﻦ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺟﻨﺴﻬﻢ

“Renungkanlah hikmah Allah Ta’ala dalam keputusan-Nya memilih para raja, pemimpin dan pelindung umat manusia adalah sama dengan amalan rakyatnya bahkan perbuatan rakyat seakan-akan adalah cerminan dari pemimpin dan penguasa mereka. Jika rakyat lurus, maka akan lurus juga penguasa mereka. Jika rakyat adil, maka akan adil pula penguasa mereka. Namun, jika rakyat berbuat zhalim, maka penguasa mereka akan ikut berbuat zhalim. Jika nampak tindak penipuan di tengah-tengah rakyat, maka demikian pula hal ini akan terjadi pada pemimpin mereka. Jika rakyat menolak hak-hak Allah dan tidak memenuhinya, maka para pemimpin juga tidak akan melaksanakan hak-hak rakyat dan tidak menerapkannya. Jika dalam muamalah rakyat mengambil sesuatu dari orang-orang lemah, maka pemimpin mereka akan mengambil hak yang bukan haknya dari rakyatnya serta akan membebani mereka dengan tugas yang berat. Setiap yang rakyat ambil dari orang-orang lemah maka akan diambil pula oleh pemimpin mereka dari mereka dengan paksaan. Dengan demikian setiap amal perbuatan rakyat akan tercermin pada amalan penguasa mereka. Berdasarkah hikmah Allah, seorang pemimpin yang jahat dan keji hanyalah diangkat sebagaimana keadaan rakyatnya” [Miftah Daris Sa’adah hal. 253, Darul Kutub Al-‘Ilmiyyah]

Penjelasan Imam Ibnu Qayyim rahimahullah sangat mencukupi sekali sehingga apatah yang hendak diributkan oleh rakyat saat ini atas keburukan pemimpinnya !!! Demonstrasi, aksi penggulingan pemimpin dan semacamnya tidak akan merubah keadaan pemimpin, karena jikalau pun berhasil merubuhkan kepemimpinan yang buruk maka akan muncul kembali pemimpin yang buruk selama rakyatnya masih buruk sebab seorang pemimpin itu diangkat dari seorang rakyat pula.

Sadarlah wahai kaum, perbaikilah diri kita terlebih dahulu, kembali ke jalur Islam sebagaimana Islam adalah agama mayoritas di negeri ini, penuhi hak-hak Allah dan Rasul-Nya serta jauhilah larangan-larangan-Nya, dimulai dari skup kecil diri kita, keluarga kita, tetangga kita, masyarakat luas, maka akan muncullah sesosok pemimpin yang bijaksana sesuai dengan kebaikan yang dimiliki rakyatnya.

Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, rakyatnya adalah para sahabat yang sangat setia lagi taat terhadap beliau, di zaman Abu Bakar dan Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhum rakyatnya adalah para sahabat yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang tinggi hasil didikan dari sayyidul Anbiya wal mursalin Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan demikian, jika kita dapatkan pemimpin yang buruk memimpin rakyat kita maka berkacalah kepada diri masing-masing, dan bertaubatlah kepada Allah ta’ala atas segala kesalahan dan dosa kita, serta perbaikilah jiwa dan raga kita dan kembali kepada keridhaan Allah ta’ala serta berjalan di atas sunnahnya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Abu Hamzah: Tangerang Selatan, Kamis 26 Maret 2015
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: